23 November 2011

Persewangi Mengikuti Divisi Utama PT LPIS

Jumlah Peserta Divisi Utama 36 Klub
Jakarta-Sebanyak 36 klub akan berpartisipasi dalam kompetisi Divisi Utama 2011-2012. Kompetisi yang diselenggarakan oleh PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) ini akan terbagi dalam tiga wilayah. Pembagian wilayah ini lebih berdasarkan geografis daerah tempat klub berada.

PT LPIS merilis, pembagian grup (grouping) dilakukan di Hotel Batavia, Rabu (23/11/2011) tadi siang, yang dihadiri para klub peserta Divisi Utama. “Pembagian grup ini agar memudahkan klub bertanding, baik away maupun home sehingga lebih efektif dan ada efisiensi pembiayaan,” ungkap Saleh Ismail Mukadar, Deputi Sekjen Bidang Kompetisi PSSI yang memimpin pembagian grup ini.


Menurut Saleh, pihaknya memang menyerahkan  keputusan pembagian grup kepada klub-klub yang hadir agar lebih memuaskan semua pihak.  Dalam kesempatan itu Saleh mengingatkan kepada klub-klub Divisi Utama bahwa saat ini perlu kerja keras karena mereka tak lagi mengandalkan dana dari APBD.

“Kalau kemarin kita cari duit mudah lewat APBD, namun sekarang sudah tidak bisa. Sekarang saatnya untuk bekerja keras meningkatkan potensi pendapatan klub. Bagaimana caranya membelanjakan uang, bagaimana mencari pendapatan, dan mengelolanya secara mandiri,” ungkapnya.

Dari 47 klub Divisi Utama yang diundang, sebanyak 36 klub hadir dan mereka akan berkompetisi dalam tiga grup. Kick off Divisi Utama akan diadakan pada hari Sabtu, 10 Desember 2011. Rencananya, kick off diadakan di Kota Semarang dimana PSIS akan menjadi tuan rumah dalam laga pembuka Divisi Utama 2011-2012 ini. Sedangkan lawannya adalah Persik Kediri. Kedua tim ini berada dalam Grup 2. Persewangi sendiri kemungkinan besar akan menjamu lawannya di Stadion Diponegoro sehari setelah Kick Off  Divisi Utama
(11/12/2011).Berikut ini adalah pembagian 36 klub dalam tiga grup atau 12 klub setiap grupnya. Grup 1 adalah PSLS Lhokseumawe, PS Bengkulu, Persitara Jakarta Utara, PSBL Langsa, PSIM Jogjakarta, Persikabo Bogor, Pro Duta FC, Persih Tembilahan, PSSB Bireun, PSP Padang, Persikota Tangerang, dan PSAP Sigli.

Sedangkan Grup 2 terdiri dari PSCS Cilacap, PPSM Magelang, Barito Putra FC, Persikab Kabupaten Bandung, PSS Sleman, PSIR Rembang, PSIS Semarang, Persepar Palangkaraya, Persipasi Kota Bekasi, Persiku Kudus, Persip Kota Pekalongan, dan Persik Kediri.

Untuk Grup 3 terdiri dari Perseman Manokwari, KSB Sumbawa Barat, Persires Rengat, Persipro Probolinggo, Madiun Putra FC, Persemalra Langgur, PSBI Blitar, Persewangi Banyuwangi, Persid Jember, Persekam Metro FC, Gresik United, dan Persis Solo.

Sehari sebelumnya di tempat yang sama, Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin berpesan kepada klub-klub Divisi Utama agar melaksanakan tugasnya dengan benar sehingga bisa dipercaya masyarakat.
Larosmania.