17 September 2011

Pemain Naturalisasi Disumpah 10 Oktober 2011

Mantan deputi bidang teknis Iman Arif mengungkapkan, tujuh pemain yang akan dinaturalisasi bakal mendapatkan status kewarganegaraan Indonesia setelah menjalani sumpah pada 10 Oktober mendatang.

Keenam pemain yang akan menjalani sumpah itu adalah Sergio van Dijk, John van Beukering, Stefano Lilipaly, Tonnie Cussel, Joey Suk, Victor Igbonefo dan Greg Nwokolo.

“Apa yang saya lakukan sejauh ini hanya untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab merampungkan kewarganegaraan mereka. Awal Oktober nanti mereka akan disumpah. Setelah itu, dua hingga tiga minggu kemudian, mereka mendapatkan paspor,” ungkap Iman.

Iman juga tidak mengetahui mengenai adanya satu pemain naturalisasi yang mundur, seperti diungkapkan Sekjen PSSI Tri Goestoro.

“Saya hanya mendengar kabar saja tentang hal itu. Yang jelas, mereka akan menjalani sumpah pada Oktober,” tegas Iman.

Mengenai Joey Suk, Iman mengungkapkan, pemain klub Belanda Go Ahead Eagles ini juga akan diambil sumpahnya.

“Benar, Joey Suk akan hadir juga di awal Oktober untuk sumpah, tetapi dia hanya akan main di klub Eropa saja,” kata Iman.

Mengenai kemungkinan pemain naturalisasi tersebut memperkuat tim nasional, Iman menyatakan, hal itu bergantung dari keputusan pelatih, yakni Wim Rijsbergen untuk timnas senior maupun juru latih timnas U-23, Rahmad Darmawan.